Thursday, September 25, 2008

Pepes Udang Bumbu Rujak




Pada jaman dahulu kala...ceile...mulai ceritanya nih dimana aku belum bisa masak (belum hobby juga) aku menemukan bumbu instant merk bamboe yang judulnya bumbu rujak. Langsung aku beli deh....didepan mata dah terbayang2 makan rujak dingin...duh...segernya dihari panas. Pas sampe rumah waktu mo makan, aku baca petunjuknya...lha...kok disuruh pake ayam segala...*bingung*...ternyata bumbu itu buat bikin ayam bumbu rujak. Sebelumnya aku belum pernah denger yg namanya ayam bumbu rujak, apalagi makannya...*duh noraknya*. Saking bingungnya, bumbu itu akhirnya aku buang...karena ga bisa ngebayangin gimana ayam dimakan sama bumbu rujak.Setelah mulai belajar masak2 dan baca2 buku aku baru tau kalo ada masakan yg namanya bumbu rujak dan sekali nyobain...ya ampuun...ternyata enak lho.Resep kali ini bukan ayam bumbu rujak, melainkan pepes udang bumbu rujak, hasil adaptasi dari buku resep yasaboga. Buat rasanya...silahkan nyoba sendiri yg pasti sih aku habis makan nasi 2 piring...he..he..he..



Bahan:


500 gr udang ukuran sedang, kupas kulitnya, bersihkan

100 ml santan kental

30 lembar daun kemangi


bumbu halus:

10 bh cabe merah

1 sdt ketumbar

6 butir kemiri

1 iris kencur

1 iris jahe

1 iris lengkuas

10 butir bawang merah (1 biji b. bombay)

4 siung bawang putih

garam, gula merah sesuai selera

1 sdt air asam jawa



Cara Membuatnya:

1. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi.

2. Masukkan garam & gula, aduk, masukkan santan kental angkat, dinginkan.

3. Campurkan bumbu dengan udang dan daun kemangi.

4. Bagi adonan jadi 4, bungkus daun pisang. (lapisin dg foil kalo perlu)

5. Kukus selama 30 menit, angkat

6. Panggang sampai daun mulai mengering


0 comments: