Saturday, April 5, 2008

Udang Berselimut


Dimusim dingin bukan cuman org aja yg pengen pake selimut, udang juga kedinginan pengen berselimut kulit lumpia.
Kita sekeluarga emang doyan banget makan udang, makanya aku selalu mencari variasi untuk memasak udang, biar ga bosen.
Resep ini aku dapatin dari buku masakan thailand. Rasanya kombinasi antara makan udang dan lumpia...kriuk2...asyik banget kalo dicocol di sambel lumpia manis thailand. Biasanya aku beli yg di botol yg ada tulisan Mae Ploy. Tapi kalo ga ada aku lampirin juga resep sambalnya.
Resep ini bisa dibikin versi pedes ato ga pedes. Aku bikinnya yg ga pedes biar para unyils bisa ikut partisipasi


Bahan:
20 ekor udang ukuran besar, kupas kulitnya tinggalkan ekornya, bersihkan
20 lembar kulit lumpia (aku pake yg ukuran kecil)
3 siung bawang putih, cincang
1 cm jahe, cincang
2 sdm saus tiram, kalo mau pedes ganti dg 1 sdt thai red curry paste
garam dan lada secukupnya

Untuk saus pedes manis:
7 biji cabe merah panjang, buang bijinya, haluskan
3/4 cup cuka
8 sdm gula
1/2 sdt garam

Cara membuatnya:
1. Supaya lebih gampang dibungkus, kerat2 badan udangnya.
2. Di mangkok besar, campur bawang putih, jahe, udang, saus tiram, lada dan garam. simpan di kulkas selama 2 jam
3. Tiriskan udang, bungkus dg kulit lumpia, biarkan ekornya keluar
4. Goreng udang sampai garing
5. Untuk sausnya :Di panci kecil, didihkan cuka, gula dan garam, aduk2. Kecilkan api, masak terus sampai agak kental, sekitar 15-20 menit. Masukkan cabe, aduk2 masak lagi sekitar 5 menit. Siap disajikan.

0 comments: